Cara menggunakan Browser TOR di android smartphone



Seperti yang kita ketahui bahwa TOR (The Onion Router) merupakan teknologi untuk menyembuyikan status dan identitas kita di internet. Selain itu TOR juga merupakan alternatif untuk membuka deepweb. Dan kabar baiknya, teknologi TOR Android pun sudah tersedia.
Sekarang, Kita dapat menjaga privasi online kita ketika menggunakan perangkat Android. Kita bisa browsing internet dengan menggunakan TOR Android. TOR menyembunyikan dan merubah alamat IP kita ketika kita sedang online.
Jadi, ketika kita menggunakan TOR di perangkat Android, privasi dan identitas kita akan aman ketika kita mengunjungi situs di internet. Berikut ini adalah tutorial tentang bagaimana menginstal TOR Android.


Cara Install TOR Android:

  1. Download ORBOT
Kamu harus men-download Orbot yang sudah tersedia di market aplikasi terpercaya. Contohnya, kamu bisa men-download dari Google PlayAmazon App Store atau bahkan dari situs pengembang, yang merupakan Proyek Guardian.
2. Install ORBOT di perangakat Android
Setelah Kamu berhasil men-download aplikasi nya, selanjutnya langsung install. Instalasinya pun sangat mudah seperti aplikasi pada umumnya.

3. Pilih fitur yang ingin dijalankan lewat Orbot
Jika perangkat kamu sudah di root, kamu bisa memilih aplikasi browser tertentu yang ingin diakses melalui Orbot. Proses memilih aplikasi browser yang ingin kamu gunakan melalui Orbot sederhana dan mudah. Namun, jika perangkat kamu belum di root, kamu abaikan saja proses ini. Dengan memilih opsi yang memungkinkan proxy ke semua aplikasi browser yang ada di perangkat kamu melalui TOR.

4. Berikan Orbot hak akses Superuser untuk perangkat yang di root
Sebenarnya, ini optional aja, soalnya ga di root juga masih tetap berjalan lancar. Akan tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan akses superuser. Jika perangkat Android kamu telah di root, kamu harus memberikan Orbot hak akses superuser untuk melanjutkan proses instalasi. Pemberian akses superuser memastikan bahwa Orbot otomatis di izinkan ketika kamu membuka aplikasi browser apapun pada perangkat Android yang di root.
5. Restart Perangkat Android
Kamu harus reboot atau restart perangkat kamu. Pada tahap proses instalasi, ini memungkinkan Orbot untuk mengakses semua aplikasi browser pada perangkat kamu. Jika kamu mencoba untuk membuka browser ponsel kamu pada tahap ini, kemungkinan bahwa browser tidak dapat berfungsi seperti yang diinginkan. Oleh karena itu kamu harus me-restart perangkat kamu pada tahap proses instalasi ini.
6. Cek IP address Kamu
Setelah kamu restart Android kamu selanjutnya adalah cek IP address kamu, untuk memastikan Aplikasinya bekerja. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi bahwa lalu lintas re-routed diarahkan melalui server proxy. Dan memastikan kamu memiliki alamat IP yang berbeda dari IP dan lokasi asli kamu. Jika proses instalasi Orbot telah berhasil, kamu akan mendapatkan alamat IP yang berbeda.


7. Konfigurasi untuk beberapa aplikasi browser
Untuk menggunakan ORBOT mungkin diperlukan konfigurasi di beberapa aplikasi pada menu settings di setiap browsernya. Bahkan beberapa aplikasi browser mengharuskan men-download dan install add-ons tertentu untuk menggunakan ORBOT.
8. Enjoy Browsing
Beres deh.. Gunakan TOR for Android ini dengan bijak. Perlu diperhatikan bahwa TOR akan mengubah alamat IP kita beberapa kali. Perubahan sesekali alamat IP kita sangat penting dalam membuat kita tetap anonim online. Sehingga kemungkinan beberapa website terkadang tidak terakses, seperti website Walmart.com. Tapi terkadang bisa diakses terkadang tidak.

Posting Komentar

0 Komentar