Serangan Hacker Berhasil Mencuri Ethereum Senilai $8,4 Juta Dalam Waktu 1 Bulan


Seorang hacker yang tidak dikenal baru saja mencuri Ethereum senilai hampir $8,4 juta – salah satu cryptocurrency yang paling populer dan berharga. Kasus baru pencurian Ethereum ini melanda Initial Coin Offering (ICO).

Insiden ini di tandai dengan munculnya hacker keempat yang mencuri Ethereum di bulan ini dan serangan cyber kedua pada ICO, menyusul kasus pencurian Ether senilai $7,4 juta dari platform perdagangan CoinDash.

Beberapa hari yang lalu, seorang hacker juga mencuri Ethereum sebesar $ 32 juta dari akun wallet dengan memanfaatkan kerentanan kritis pada perangkat lunak Parity Ethereum Wallet, dan satu bulan yang lalu seorang hacker yang tidak dikenal juga melakukan peretasan ke pertukaran cryptocurrency Korea Selatan Bithumb dan mencuri lebih dari $1 juta di Ether dan Bitcoin dari akun pengguna.

Dan Sekarang, Veritaseum telah mengkonfirmasi bahwa seorang hacker berhasil mencuri $8,4 juta di Ethereum (ETH) dari ICO-nya minggu ini, 23 Juli.
Kami diretas, mungkin oleh sebuah kelompok, peretasan itu tampaknya sangat canggih, tapi setidaknya ada satu mitra perusahaan yang mungkin telah menjatuhkan bola dan bertanggung jawab. Kami akan membiarkan para pengacara mengatasinya jika sampai sejauh itu,” Veritaseum pendiri Reggie Middleton mengkonfirmasi pencurian di forum BitcoinTalk.

Middleton telah menyebut peretasan Ethereum baru-baru ini “tidak penting,” dan mengatakan beberapa rekannya (layanan pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya) mungkin akan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Middleton juga mengatakan bahwa karena tingginya permintaan VERI Token selama ICO yang diadakan akhir pekan lalu, peretas pertama kali berhasil mencuri token tersebut dan kemudian segera menjualnya ke pembeli lain “dalam beberapa jam” untuk mendapatkan kripto.

Hacker diperkirakan telah mencuri $8,4 juta di ETH dalam waktu yang relatif singkat. Dana yang dicuri itu pertama kali di dump ke dalam dua akun wallet Ethereum yang terpisah dan kemudian dipindahkan ke akun lain.

Sepertinya sekitar 37.000 VERI Token telah dicuri dari 100 juta pencurian baru-baru ini. Meskipun begitu kabar baiknya adalah bahwa pencurian Ethereum tidak mempengaruhi investor ICO yang sebenarnya, seperti yang dikatakan oleh Middleton, token yang dicuri miliknya dan anggota timnya.

Ada 100 juta token yang dikeluarkan, Hacker mencuri sekitar 37k. Seperti yang saya katakan, ini cukup membingungkan, tapi ini bukan akhir dari dunia. Dalam skema hal, ini kecil,” kata Middleton.

Token itu dicuri dari saya, bukan dari pembeli token. Saya juga tidak meremehkan pencurian ini, tapi saya melihat pencurian ini tidak ada apanya. Perusahaan yang kami miliki telah dikompromikan, kerentanannya telah ditutup, dan kami sedang menyelidiki apakah kami harus bergerak melawan atau tidak.
Saat ini, Middleton tidak mengungkapkan vektor serangan yang dieksploitasi untuk menyapu bersih $8,4 juta di Ethereum ini, namun dia sudah meyakinkan pengguna bahwa timnya telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah serangan tersebut terjadi di masa mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar